Monday, April 25, 2011

ASPEK MORAL

Kata” Moral” bukanlah hal yang asing terdengar di telinga kita, pasti kita sangat sering mendengar hal itu, namun pernahkah terlintas dibenak kita, dan bertanya, apa sebenarnya aspek moral itu, apakah kita setuju dengan ungkapan” I have my cousins and sometimes we act together; but they have their own cousins who are not mine and so on indefinitely…Each person is, as it were, in touch with a number of other people, some of whom are directly in touch with each other and some whom are not (Barnes 1990,p. 72)”. Walaupun pada awalnya theory ini adalah murni untuk antropologi budaya, yang diperuntukkan pada sebuah gambaran hubungan sosial antara-sesama-tapi disini saya melihat ini dari sisi aspek moralnya, yaitu reaksi dari akibat hubungan social nerwork antara-satu dengan yang lain. Lebih jelasnya begini, apakah aspek moral itu terletak atau timbul dari akibat hubungan antara satu dengan yang lainya, seperti yang tertera dalam penjelasan di atas? Apakah semua akibat dari hubungan tersebut bisa dikatakan sebagai aspek moral? Jawabnya tergantung, karna sesungguhnya aspek moral itu bertebaran dimana-mana, sangat luas cakupanya. Lihatlah, budaya, kondisi, lingkungan, pendidikan, dan lainya, itu semua akan membuat aspek moral tak terbatas dan tak terukur. Berprilaku baiklah anda, maka anda akan terbilang bermoral. Berkata jujurlah anda, maka anda akan terbilang bermoral. Apakah sesederhana itu aspek moral? Lagi, tentu kita masih ingat, disaat masa kecil dahulu, kedua orang tua kita menanamkan banyak hal, sebut saja ketika kita di didik untuk membaca abjad, diajarkan untuk blajar berhitung, dan banyak pelajaran lainya. Apakah semua itu tergolong aspek moral? menurut aku, iya, bahwa hal tersebut adalah bagian dari aspek moral. coba kita sedikit bawa hal ini ke system Negara, begini, apakah moral Negara itu? Apakah hukum yang ada adalah cermin dari moral bangsa? Bagi aku iya, bahwa itu adalah bagian dari aspek moral, walau tidak keseluruhan hukum positif mewakili moralitas dari setiap warga Negara Indonesia. Ada theory hukum yang mengatakan bahwa” law without morality is not law at all” lalu apa ukuran moral dimata hukum? Sebenarnya ini agak kompleks, karna jika kita bicara hukum dan moralitas, maka yang bisa membedakan diantaranya adalah dalam hal pengakuan. Ketika hukum itu berlaku dan diterapkan oleh sebuah Negara, maka itu artinya hukum tersebut telah mendapt pengakuan dari rakyat, lalu apakah itu berarti hukum tersebut mempunyai aspek moral, dan bisa dibilang mewakili moralitas dari seluruh rakyat Indonesia? Menurut aku iya, bahwa itu adalah bagian dari aspek moral, walau sebenarnya hukum tersebut tidaklah mewakili moralitas rakyat secara keseluruhan. Karna sekali lagi, bahwa aspek moral itu sangat luas cakupanya, ia bisa kita dapatkan bukan hanya pada taraf Negara, tapi juga bisa kita dapatkan pada taraf, individu, keluarga, masyarakat, alam, text, dan lain sebagainya. Kini mari kita kembali bicara aspekmoral pada taraf individu saja, biar tidak runyam dan lebih mudah untuk dibatasi. Anda, mereka, pasti mempunyai perbedaan dalam menilai sesuatu dan pasti berbeda pula dalam menilai bahwa sesuatu tersebut adalah bagian dari moral atau bukan, oleh karna itu menghargai perbedaan adalah penting, karna itu adalah bagian dari aspek moral. diahir catatan ini, aku ingin mengatakan bahwa aspek moral terpenting adalah; ketika saya menemukan sesuatu yang sangat istimewa, sangat special, dan hal itu diatas segala-galanya, baik itu hidup, masa depan, atu apapun itu, dan saya selalu berusaha untuk mendapatkannya apapun yang terjadi saya tidak perduli, walau terkadang cara untuk mendapatkannya tidak selalu mulus dan bersih, tapi itu tidak menjadi persoalan, karna saya tau, bahwa sesuatu yang spesial itu, adalah hasil terbaik yang saya dapatkan, yang saya miliki dalam hidup, dengan tulus dan ikhlas dari hati dan perasaan saya, yaitu tuhan yang maha esa, allah subhanahuwataala, itulah aspek moral yang sebenarnya dalam diri dan hidup saya. Erianto, Yogyakarta, 26 maret 2011.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Deals